15 October 2017

Sunday, October 15, 2017

Re-Post dari FB Resmi Bapak Presiden Joko Widodo

Ikan arsik bumbu andaliman, 
rasanya lezat tiada tara. 
Sudah dibangun jalan tol yang nyaman, 
ayo maju Sumatra Utara

Sebait pantun ini saya bacakan kemarin petang di Gerbang Tol Kualanamu saat meresmikan 52 kilometer jalan tol di Sumatra Utara: sepanjang 41,7 kilometer Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi ruas Parbarakan-Sei Rampah dan 10,46 kilometer ruas Medan-Binjai.

Jalan tol ini memang akan berdampak besar bagi Sumatra Utara. Perekonomian daerahnya semakin maju, dan arus wisatawan ke kawasan pariwisata Danau Toba meningkat. Tol ini juga semakin memperkuat struktur kawasan perkotaan metropolitan Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo sebagai metropolitan terbesar ketiga terbesar di Indonesia.

Ruas tol ini menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di Sumatera Utara, seperti kawasan industri Medan, Bandara Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, serta akses menuju Danau Toba. Nantinya semua akan terhubungkan dengan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi Pematang Siantar-Parapat. Waktu tempuh dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba akan lebih singkat dari saat ini 4-5 jam menjadi 1,5 hingga 2 jam saja.

Jika tak ada halangan, Insya Allah, pada pertengahan 2018 sudah akan tersambung 42 kilometer dan 14 kilometer, dari Medan sampai ke Tebing Tinggi.

JOKOWI Resmikan Tol Sumatra Utara

Foto: Biro Pers Setpres
Loading...