02 August 2018

Thursday, August 02, 2018

Akhir Juli tepatnya tanggal 28 -29 tahun 2018,  CJID Chapter Riau melaksanakan event sederhana untuk menjalin dan mempererat silaturahim dalam event Halal Bi Halal Jeep Camp di Harau Payakumbuh Sumatera Barat, di ikuti kurang lebih 15 unit CJ7, 1 unit CJ6 dan 1 unit Willys; peserta yang datang tidak dari Riau saja, turut hadir kawan-kawan dari Sumatera Barat dan Jambi.

Destinasi yang dipilih untuk kegiatan event ini adalah di Sumatera Barat tepatnya di Kawasan Wisata Lembah Harau Payakumbuh, yaitu 190 km dari kota Pekanbaru Riau.

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, Berjalan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, kita bisa melihat keindahan alam sekitarnya. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m.

Dari mulai saat memasuki Lembah Harau , kita akan menemukan banyak keindahan yang memukau sepanjang jalan. Sangatlah cocok kalau sebagian pemanjat yang telah mengunjungi tempat ini memberi julukan Yosemite nya Indonesia. Tempat ini sudah lama menarik perhatian orang. Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926. Menyaksikan hamparan sawah yang indah, itu hal yang sudah biasa. Keindahan masih bertebaran di dataran tingginya. Di sana ada cagar alam dan suaka margasatwa. Lembah Harau seluas 270,5 hektare/2.705km². Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993.

Hari pertama kita rolling dari Pekanbaru dengan titik kumpul di sudut kota Bangkinang dan lanjut menuju Harau. Di Kelok 9 kita sempat beristirahat sambil berfoto ria dan ngopi bersama sambil mendinginkan mesin CJ nya.

Perjalanan kemudian dilanjutkan lagi, karena kita estimasikan untuk masuk ke kawasan Harau pada pukul 16.00 wib,  untuk prepare yang lain. Sampai di Harau kita langsung diarahkan untuk parking dan menempati tenda yang di sediakan oleh panitia dan dilanjutkan dengan minuman compliment berupa kopi tradisional Sumatera Barat khususnya Harau yaitu kopi Daun Kawa. Kegiatan hari pertama Jeep Camp di awali dengan shalat Maghrib dan Isya berjamaah, makan malam dengan menu tradisionalnya ada Sate Dangung Dangung dan ramah tamah sesama peserta, khususnya peserta dari jauh CJID Bogor om Ronald Sigit, CJID Chapter Jambi om Deffy, dan 2 peserta dari CJID Chapter Padang, om Agung dan om Rifky.

Setelah makan malam dan ramah tamah kegiatan dilanjut lagi  dengan api unggun sambil belah duren dan bakar jagung hingga pukul 2 dinihari, saatnya istirahat.

Esok harinya kegiatan diawali shalat subuh berjamaah dan di lanjutkan dengan ngopi dari masing-masing daerah sambil sarapan yang telah disediakan oleh panitia. Pukul 09 00. Pagi setelah sarapan kegiatan dilanjutkan dengan sesi photo bersama, game dan persiapan untuk melakukan rolling seputaran kawasan Harau dan di tutup dengan bakti sosial ke mesjid sekitar untuk memberikan sumbangan dari CJID Chapter Riau.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan fun touring menyusuri sungai yang berbatuan di kawasan wisata Kapalo Banda Taram yang di guide oleh rekan-rekan IOF setempat. Kegiatan event HBH Jeep Camp CJID Riau ini pun berakhir ditandai dengan makan siang bersama dan berpamitan pulang sambil rolling kembali bersama ke daerah masing-masing.

Semoga kegiatan ini bisa menambah rasa kekeluarga antar member CJID, khususnya yang berada di wilayah Sumatera. Let's Jeepin Together !

(Ferry Elwe)

Repost dari https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1093348810818791&id=532220706931607

Halal Bi Halal Jeep Camp di Harau Payakumbuh Sumatera Barat,




















Loading...

0 komentar:

Post a Comment