06 December 2015

Sunday, December 06, 2015

Motor boros BBM padahal ndak tuwir2 banget usia motor-nya...bisa bikin kantong bolong dweh...gara2 jatah belanja bbm melebihi aggaran.

Hal2 sepele berikut ini banyak orang ndak tahu. Berikut ini 7 penyebab utama motor boros BBM..yuk langsung kita simak:

1. REM RUSAK
Ini ni....karena rem rusak mengakibatkan kampas rem menghimpit alias mencengkram sehingga roda menjadi berat berputar...so otomatis beratnya putaran roda karena sistem rem yg rusak konsumsi bbm pada mesin akan meminta jatah lebih.

2. KARBU & BUSI KOTOR / BERKERAK
Karbu adalah paru2 nya motor..kalo paru-parunya kotor..otomomatis muncratan alias semburan bensin ke ruang bakar jadi ndak lancar...gak efektif kan jadinya. Karbu yang beraih membuat suplai bahan bakar menjadi sempurna.

Busi adalah part motor yang berfungsi pemantik api di ruang bakar piston. Bila busi kotor menyebakan nyala api tidak maksimal sehingga ledakan pembakaran yang menghentakkan piston menjadi loyo dan terasa kurang nendang.

3. RANTAI KENDOR / RANTAI NGONDOI
Loh..kok bisa rantai kendor menyebabkan boros bbm..? Ya bisa lah...karena rantai motor yang ngondoi alias kendor berakibat putaran roda belakang menjadi tidak seketika...jadi ketika di gas ciri2 motor yang rantai-nya ngonndoi alias kendor itu kayak tersedak dan suaranya kasar pada rantainya. Tapi perlu diingat bahwa mengencangkan rantai motor itu juga ada ukurannya...ndak boleh terlalu kencang juga..butuh kelenturan sedikit.

4. KOPLING TIPIS/AUS
Ya ..sudah pasti ini...kalo kopling motor sudah tipis tandanya adalah setelah masukkan gigi dan mau lepas kopling...rasanya motor letoy gak ada tenaga...logis dong jadi boros bbm....lha wong gas sudah full tapi motor gak laju2. Segeralah ganti kopling anda bila sudah tipis.

5. AS RODA SERET / AUS
Termasuk hal yg diacuhkan sama pemotor nih..padahal urusan as roda yang mulus cukup penting buat perputaran roda. Karena as roda yg aus/seret mengakibatkan berat padahal sdh gas full ...jadi boros bensin lan.

6. KAWAT GAS SERET / AUS
Kawat gas juga perlu pelicin lho...kalo gak licin si kawat jadi berat kayak nyangkut keserimpet begitu. Bila tuas atau kabel gas seret alias macet saat ditarik, maka skep di karburator yang semestinya terbuka dan tertutup juga macet.

Skep akan terbuka menganga atau menutup lagi tetapi tidak sempurna kala penunggang motor menarik tuas gas dan mengembalikan posisi tugas gas. Walhasil bahan bakar pun terus mengalir deras, kendati pengendara tidak menarik tuas gas. Akibatnya, motor boros bahan bakar.

7. CARA BERKENDARA YG SALAH
Maksudnya bijimana nih cara berkendara yang salah kok bisa mengakibatkan boros BBM...? Coba perhatikan ya ...gigi motor itu perpindahannya ada step2-nya pada kecepatan tertentu, banyak di jumpai pemotor dalam kondisi jalan agak nanjak..masih pake gigi 2 atau 3 ..ya jelas mesin akan nggereng..meraung..ngos-ngosan karena salah gigi...atau pada kondisi dari berhenri trus jalan langsung paki gigi 2 ..yak kasihan itu mesin.

Juga perilaku mbleyer2 alias nge-gas2 motor yang gak perlu ...ya jelas satu tarikan gas yang gak perlu..berapa tuh yg kebuang.
Motor Boros BBM...Nih 7 Faktor Peyebab Motor Boros
Sumber:
http://otomotif.tempo.co/read/news/2011/04/08/171326020/enam-hal-sepele-penyebab-motor-boros
Loading...

0 komentar:

Post a Comment