24 September 2023

Sunday, September 24, 2023

BELUM  ADA PILIHAN LAIN MAS, DARIPADA ANAK BINI SAYA LAPAR !


Tadi siang saya makan rawon di depan exit tol pamulang ....saya lihat dari jauh ada pengamen jalanan dg kostum action figure bumblebee.... saat lampu merah banyak mobil dari exit tol berhenti...dan saat itulah dia mulai aksinya berjoget ala bumblebee....

Sebentar saja dia aksi joget... karena lampu merahnya juga nggak lama... dia harus manfaatkan mobil berhenti dan selanjutnya dia lanjutkan goyangkan kaleng tempat uang di jendela2 mobil sambil lambai tangan ... 1 sampai 5 mobil ada yg kasih 1000...2000 ...mungkin ada yg lebih ...berulang kali dia lakukan mondar mandir saat waktu lampu merah menyala ... Panas banget pasti .... dijamin dia mandi keringat ...
Setelah beberapa show di lampu merah ...dia mlipir ke warung tempat saya makan....dia sapa saya...dan saya sapa balas sapa dia dengan senyum. Dia minta air putih dari warung dan duduk dekat saya ...akhirnya kita ngobrol. 
Saya : "Pinjam korek dong mas"
Dia : "Oo..silahkan om"
Saya : "Sendirian aja mas ngamennya?"
Dia : "iya om"
Saya : "kostum robotnya bikin sendiri apa beli?"
Dia : "Saya sewa om ... setoran minimal 30 rb/hari"
Saya : "Ooo begitu ya , tak kirain punya sendiri dan bikin sendiri"
Dia : "kalo bisa bikin ...saya bikin sendiri om...susah, blom punya ilmunya"
Saya : "Terus berapa masnya sehari bisa dapet uang jelang siang sampe sore ngamen di lampu merah sini?"
Dia : "Nggak tentu om, pas rejeki bagus ...saya pernah dapat 150 bahkan 400 ribu / hari, tapi kalo pas sepinya sehari saya dapet cuman 25 ribu juga pernah"
Saya : "Sebelum nya kerja apa mas?"
Dia : "Sopir angkot om, maraknya kendaraan pribadi dan ojol ...nyupir angkot berat om.... seringnya malah nombok...sepiii beeuudd "
Saya : "Sudah bekeluarga?"
Dia : " Sudah om...anak saya 2, ya karena cari kerjaan lain susah ... ya beginilah yg bisa saya lakuin sekarang .... buat biaya makan anak bini di rumah .... daripada nyolong, narkoba dan yg aneh2 om, kalo saya nekat nyolong atau jual narkoba....itu cuman mikirin diri sendiri....begini aja dulu deh, yg penting halal walaupun panas-panasan...mandi keringet, yg penting keluarga kenyang dan cukup"
Saya : "Prinsip bagus itu om...yg penting bergerak dan tetap mau berusaha buat keluarga, sampeyan keren mas ..pahlawan keluarga, truss selama ngamen disini ada petugas kamtib/satpol PP yg melarang sampeyan ?"
Dia : "Ya kadang ada aja sih, saya jawab fer feran aja kalo mereka tegur saya ... Ya habis gimana pak ...baru ini pak yg mampu saya perjuangkan utk kebutuhan keluarga saya, kadang ada yg maklum ada yg tidak....sebisa saya memohon lah "
Saya : "Mas, begini ...saya boleh foto dan minta nomornya...kebetulan saya ada teman workshop kostum maskot/badut/robot ..dia banyak relasi EO ..workshopnya sering di order kostum ..kadang juga diminta sekalian performernya utk pakai kostum tersebut utk event pameran ..ultah dll, gimana ...mau ndak"
Dia : "Wah...boleh om ...saya siap aja kalo ada orderan permintaan sebagai performer kostum...asal harga masuk akal ..saya mau !"
Saya : "Ok ...saya izin share nomornya mas ke temenku ya ,,siap tau dia butuh orang dan harganya cocok"
Dia : "Siaaap....makasih banyak ya mas...senang kenalan dengan om"
Saya : "Sama2 om"

Selama ngobrol dengan dia..cerita2 masa kelam...susah ..dll....karena dia hidup di jalanan sudah lama.... yg namanya miras baginya adalah kegiatan rutin setiap malam....katanya utk stamina , kalo ndak minum besoknya bisa lemes katanya 🤣.... Disitu kasih himbauan buat dia yg masih muda dan punya anak kecil .... ya kalo bisa dikurangi minum2 nya....kasihan ginjalnya ....sekarang umur muda belum ngrasain apa ...coba aja ntar 40 tahun keatas .... kalo organ ginjal dan liver sudah rusak ...wah ...siap2 penyakit apa aja bakal masuk, masa umur tua malah penyakitan ...bukannya menikmati hidup 😆...... ya kurangi pelan2 saja....nggak usah makjleg berhenti total ...ntar malah kaget dan blank 🤣, yg penting ada niat perubahan...mengurangi pelan2 hingga stop total ...demi masa depanmu dan anak2 mu ...

Habis saya bilangin begitu ....dia bilang ..iya om saya akan coba kurangin...jangan sampai di hari tua saya malah penyakitan nyusahin banyak orang .... 

TETAP SEMANGAT MAS BUMBLEBEE ...KAMU PAHLAWAN KELUARGA ...

Cek video disini https://www.facebook.com/1578201937/posts/pfbid0EeTFiLXbk1UpPxM9fFApFiuxiXpviNDSpqxdtUKg5bvQ4oqRTUDyYFbW9KZenKozl/?mibextid=Nif5oz
Loading...