27 November 2015

Friday, November 27, 2015

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-20, Honda resmi memperkenalkan CBR 1000RR Fireblade. Sejak diperkenalkan pada tahun 1991, motor ini menjadi varian sport Honda yang paling populer hingga saat ini. Untuk merayakannya, Fireblade telah dibawa dalam ajang lomba ketahanan Le Mans di Perancis dan World Superbike Championship seri ke-11 yang berlangsung di Imola, Italia.

John McGuinnes, pemenang 17 kali di Isle of Man TT berkata, “Saya punya tempat khusus untuk Fireblade. Sudah banyak event balap yang saya lewati selama bertahun – tahun dan saya telah mendapatkan keberhasilan, aku merasa terhormat telah terpilih untuk menggunakannya dan semua penggemar Fireblade memiliki kesempatan untuk melihat motor ini langsung.”

Di tempat lain, Jonathan Rea, pebalap Superbike dari tim Castrol Honda juga mendapat kesempatan yang sama, “Saya merasa telah tumbuh dengan Fireblade, ini seperti mesin ikonik dan itu perasaan yang mengagumkan ketika saya terpilih untuk memperkenalkan mesin terbaru.”

Beberapa pembaruan dilakukan oleh Hirofumi Fukunaga selaku Large project leader. Beliau merupakan orang yang memimpin pengembangan model terbaru Fireblade. Desainnnya begitu atraktif dengan moncong fairing baru yang tampak berlapis.

Di sisi lain, untuk pertama kalinya penggunaan shock belakang dengan desain double tabung digunakan pada motor produksi yang dapat berfungsi menjaga respone motor lebih halus dan akurat untuk dikendalikan. CBR 1000 RR juga dilengkapi dengan telescopic front forks 43mm dengan teknologi Showa Big Piston yang dapat meredam guncangan dengan baik dan memberikan daya cengkram ban depan saat pengereman. Di bagian mesin, Fireblade menggunakan mesin berkapasitas 999cc inline-4, sehingga membuatnya lebih mudah digunakan terutama dalam bukaan throttle kecil.

Untuk mempertegas tampilan atraktifnya, Honda telah menggunakan velg 12-spoke alumunium yang dapat memberikan kekuatan ekstra. Di samping itu, agar terkesan mewah, Fireblade dilengkapi dengan instrument panel LCD dengan lap timer, indikator posisi gigi dan tachometer 4 mode tampilan.

Sumber:
http://welovehonda.com/hondabigbike/lahirnya-honda-cbr-1000-rr-fireblade/
Loading...