14 June 2019

Friday, June 14, 2019

Tak selalu indah

Bisa tugas sambil menikmati keindahan alam Indonesia yg cantik ini, memang enak. Meskipun kadang tentu ada gak enaknya juga, itu wajar. Seperti yg tergambar dalam foto di bawah ini, ini kejadian beberapa tahun lalu.

Foto ini diambil saat kami baru turun dr kapal laut yang mengangkut kami dari Ternate (maluku Utara) ke Bitung (Deket Manado Sulawesi Utara). Sengaja kami naik kapal laut karena saat itu pesawat dari Ternate tidak bisa terbang, disebabkan oleh erupsi gunung Gamalama yg berada tepat di tengah pulau Ternate dan posisinya di samping Bandara. Hujan abu dan material gunung tidak memungkinkan pesawat dibolehkan terbang.

Pengalaman Perjalanan Dinas Di Daerah

Dan apesnya ini terjadi tepat setelah 14 hari kami bertugas di Ternate dan seharusnya hari itu kami kembali ke Jakarta, akhirnya kami memutuskan untuk menambah hari berharap keadaan membaik.
Ternyata Gamalama tak mau kompromi, dia tetap memuntahkan abu vulkanik nya, demi keselamatan bersama, akhirnya kami dan tim memutuskan untuk naik kapal laut ke Bitung, kota terdekat dg Manado agar kami bisa terbang ke Jakarta melalui Bandara Manado.

Hmm ternyata tragedinya belum berakhir, di kapal laut semalaman dg pemandangan tanpa daratan karena memang lautan di daerah ini berbatasan langsung dg perairan Filipina plus ditambah saat itu bertepatan dg kasus penculikan para nelayan Indonesia oleh kelompok Abu Sayyaf Filipina membuat jantung berdenyut lebih kencang dr biasanya. Dan benar saja tepat di tengah laut, di tengah malam, tiba2 mesin kapal mati disusul kemudian lampu kapal mati,  gelap gulita kami rasakan,,, satu harapan kami, semoga kami selamat.

Alhamdulillah, kejadian itu hanya berlangsung tdk sampai satu jam, mesin kapal kembali hidup dan lampu kembali menyala, dan sekitar jam 8 pagi kamipun sampai di pelabuhan Bitung.