29 December 2019

Sunday, December 29, 2019

Salah satu kendaraan militer Indonesia  tempo dulu GAZ Rusia

Berdasarkan informasi Tsyganov, jip GAZ-69 yang hadir di Indonesia  adalah buatan pabrik mobil Ulyanovsk yang diproduksi pada rentang tahun  1954-1972 dengan nama UAZ-69, namun di Indonesia tetap dikenal dengan  sebutan GAZ-69. Awalnya, GAZ 69 hadir di Indonesia saat ABRI baru saja  dibentuk. ABRI membutuhkan kendaraan yang bersahaja dan tidak mencolok  yang mampu melewati segala medan. ABRI mengadakan uji coba beberapa  kendaraan, antara lain GAZ-69 dari Rusia, dua kendaraan buatan  perusahaan Inggris yakni Austin Gipsy dan Land Rover, dan dua perusahaan  Jerman yakni DKW dan Steyr Daimler Puch.

Untuk mengetahui kehandalan dari lima jenis jip off road tersebut tentu  perlu dilakukan pengujian. Maka mobil-mobil tersebut diminta  mengelilingi Jawa sebanyak dua kali dalam perlombaan selama 50 hari  dengan jarak 4.000 kilometer.

Di perjalanan, DKW mendapat masalah, jip ini terbalik dan  berguling-guling saat mendaki bukit di sekitar Jawa Timur. Kendaraan  lain seperti Land Rover dan Austin Gypsi pun mengecewakan, diantaranya  gagal melintasi sungai, ada saja masalah yang muncul.

Hal tersebut membuat GAZ-69 memenangkan kompetisi. GAZ-69 juga  memiliki daya angkut yang melebihi mobil lain, yakni bisa menampung  hampir 10 orang.

Credit https://www.facebook.com/groups/indonesiatempodoeloe/permalink/10157994646023104/

Salah satu kendaraan militer Indonesia  tempo dulu GAZ Rusia




Loading...