21 May 2019

Tuesday, May 21, 2019
9

INTER-COOLER: JENIS DAN PRINSIP KERJA
Intercooler adalah alat mekanis yang digunakan untuk mendinginkan udara masuk pada engine yang dilengkapi dengan sistem induksi paksa (baik turbocharger atau supercharger).
Apa yang dilakukan intercooler?
Pekerjaan intercooler adalah untuk mendinginkan udara setelah dikompresi oleh turbo atau supercharger, tetapi sebelum memasuki mesin.
Bagaimana cara kerja intercooler?
Turbocharger bekerja dengan mengompresi udara, meningkatkan kepadatannya sebelum mencapai silinder mesin. Dengan memeras lebih banyak udara ke dalam setiap silinder, mesin dapat membakar lebih banyak bahan bakar secara proporsional, menciptakan daya lebih besar dengan setiap ledakan.
Proses kompresi ini menghasilkan banyak panas, dan meningkatkan suhu udara yang memasuki mesin. Sayangnya, saat udara semakin panas, itu juga menjadi kurang padat, mengurangi jumlah oksigen yang tersedia di setiap silinder dan berdampak pada kinerja!
Intercooler berfungsi untuk menetralkan proses ini, mendinginkan udara bertekanan untuk menyediakan engine dengan lebih banyak oksigen, dan meningkatkan pembakaran di setiap silinder. Selain itu, dengan mengatur suhu udara, itu juga meningkatkan keandalan mesin, dengan memastikan rasio udara terhadap bahan bakar di setiap silinder dipertahankan pada tingkat yang aman.
JENIS INTERCOOLER
Ada dua jenis utama intercooler, yang bekerja dengan berbagai cara:
1. Air to Air Intercooler
Intercooler udara ke udara adalah intercooler yang menggunakan udara untuk mendinginkan udara. Berarti pertukaran panas yang terjadi adalah antara udara yang telah Anda isi dalam pipa muatan Anda dan udara yang mengalir melalui intercooler. Intercooler udara ke udara hanya seefisien aliran udara sekitar (suhu udara di luar) yang mereka lihat. Karena itu penempatan jenis intercooler ini sangat penting dalam efisiensi tipe intercooler ini.
Pro
1. Tidak memerlukan daya untuk bekerja dan karena itu mudah diatur.
2. Tidak memerlukan cairan untuk bekerja dan karenanya tidak ada peluang untuk kebocoran.
3. Tidak menderita berendam panas selama intercooler melihat aliran udara yang baik.
Con
1. Efisiensi hanya sebagus suhu udara sekitar.
2. Efisiensi hanya sebagus jumlah aliran udara yang dilihat intercooler.
3. Tidak dapat dipasang di mana pun, karena harus dipasang di lokasi untuk melihat aliran udara.
2. Intercooler Air ke Udara
Water to Air Intercooler adalah tempat pertukaran panas antara air dan udara. Air dipompa melalui intercooler sehingga panas dari pipa pengisian Anda ditransfer ke air. Jenis pengaturan ini dapat dipasang di mana saja, dan hanya perlu disiram air. Karena persyaratannya untuk aliran air, intercooler jenis ini membutuhkan pompa air, reservoir, dan penukar panas untuk air yang dipasang di suatu tempat yang akan menerima aliran udara yang baik.
Pro
1. Efisiensi yang sangat baik, sehingga ukuran intercooler bisa lebih kecil.
2. Efisiensi dapat dibesar-besarkan dengan menggunakan es, atau bahan kimia lainnya untuk menghasilkan suhu yang biasanya tidak realistis untuk waktu yang singkat.
3. Dapat dipasang di mana saja di sepanjang rute pipa muatan.
Con
1. Membutuhkan banyak aksesori lain untuk berfungsi.
2. Karena lebih kompleks, secara alami menyebabkan lebih banyak peluang

INTER-COOLER: JENIS DAN PRINSIP KERJA









Loading...