13 July 2016

Wednesday, July 13, 2016

Share sedikit mengenai AFR (Air to Fuel Ratio) atau perbandingan Udara : BBM di mesin motor 4 tak ber-karburator :

#AFR ideal utk cuaca panas sekitar 12-12,5 :1. Lebih dari itu, bbm irit tapi mesin cenderung panas, kurang baik utk endurance jangka panjang

#karbu tanpa air filter, perlu MJ guede, 3-8 step lbh besar dari std nya utk mendapatkan AFR yg ideal, alhasil fc jadi buoros. Jika Mj gak naik, AFR pasti terlalu lean / kering

#untuk karbu vakum, jika pake open air filter, settingan AFR tdk mungkin bisa ideal jika open air filter nya langsung nancep di karbu (hasilnya cuma "ngook" gak ada power). Harus pake karet (hose) sambungan antara filter dng karbu, panjangnya sekitar 7-10cm, barulah settingan AFR ideal gampang dicapai, tanpa harus naik ukuran Mj gila2an

#pake karbu 2 tak (mis. PE28) di mesin 4 tak, hasilya rpm cepet naiknya, tapi power kosong

#berdasarkan riset di th 2008-2009

#pemilik AFR Meter, a.l. ko Dave Arutemisha, mas Nero Saja, mas Rahadi Wibowo, dll

Share dari FB Biker Senior :
Om Torry Parantoro

Loading...