27 June 2016

Monday, June 27, 2016

Mudik kampung sebentar lagi nih bos....buat yang mudik pakai mobil pribadi disarankan mengecek n ricek kondisi kesehatan mobilnya agar tidak ada masalah dan rewel di jalan yang tentunya bisa mengganggu suasana kegembiraan mudik lebaran nanti.

Kondisi Mobil FIT ..Mudik Jadi ASIK
Kondisi Mobil FIT ..Mudik Jadi ASIK

Lalu apa saja sih yang harus anda cek n ricek pada mobil buat mudik nanti yang akan agan kendarai bersama keluarga..? Berikut ada sedikit tips dan kiat2 persiapan mobil mudik lebaran 2016.

1. CEK OLI MESIN
Oli mesin adalah nutrisi penting untuk performa mesin mobil, agar part2 dalam mesin mobil bisa bekerja maksimal tanpa panas yang berlebihan. Cek jarum petunjuk oli mesin atau kilometer apakah masih pada level aman...tapi kalo saya punya saran ..karena perjalanan mudik itu lumayan jauh...mending sekalian ganti oli baru plus sekalian filter oli-nya juga baru...

2. CEK OLI REM
Ini juga sangat penting...karena banyak banget kejadian kecelakaan karena rem blong gara2 si empunya mobil hanya teringat ganti oli mesin..sedang oli rem kelewat alas LUPA...selain cek penambahan oli rem...di-cek juga master rem juga kampas kopling..apakah kondisi-nya masih layak atau tidak untuk digunakan mudik perjalanan jauh.

3. CEK OLI KOPLING
Karena kopling mobil bekerja secara hidrolik atau bekerja dengan tekanan angin...oli kopling juga perlu di cek...masih pada level cukup atau kurang.

4. CEK AKI & KELISTRIKAN
Pada tahap ini periksa ampere aki juga cairan masih pada level cukup atau krang kalo aki mobil anda masih pake aki cair. Lalu cek kelistrikan untuk lampu depan, sign, lampu hazard dan lampu rem...juga cek wiper untuk kaca mobil beserta air sabunnya..biar kaca tetep kinclong selama perjalanan mudik...juga lupa cek kondisi AC alias pendigin udara dalam kabin mobil...apakaah masih dingin atau tidak..kalo kurang dingin..tinggal ke tukang ac tambah freon..biar nyeeesss.

5. CEK RADIATOR
Untuk perjalanan jauh...bila air radiator atau coolant sudah lama blom anda ganti..sebaiknya diganti baru deh....hitung kayak gurah buang kotoran dalam radiator agar terkuras keluar...mengurangi tingkat korosi dan memperpanjang usia mesin anda.

6. CEK BAN MOBIL
Ban mobil anda kalo sudah kondisi tipis ..mending ganti baru..jangan pelit2 alias alasan ngirit malahan nanti bisa celaka karena mempertahankan ban yang harus-nya diganti..dipaksa jalan untuk mudik perjalanan jauh...Bahwa ban yang layak itu selain untuk keselamatan penumpangnya..juga berguna untuk efisiensi kerja mesin mobil juga lho.O..iya jangan lupa ban serepnya cek aman atau tidak.

7. CEK HAND REM
Karena mudik itu selalu rame dan sering-nya macet diperjalanan....banyak kejadian pada kondisi jalan merayap pada jalanan yang agak menanjak...kebanyakan pengemudi hanya mengandalkan kopling setengah...padahal itu tidak disarankan karena akan mempercepat kampas kopling anda gosong dan habis...dan gak bisa jalan tuh mobil. Lebih kalo di jalanan yg macet anda harus mengandalkan hand rem anda ..agar kampas kopling aman.

Oke deh ..cukup sekian tips mudik 2016 kali ini...Jaga kesehatan....bila capek atau ngantuk..istirahat di tempat yang aman...hati2 nggak usah ngebut2 yaaa...yang terpenting adalah selamat sampai tujuan ..bertemu dengan keluarga di kampung... 

SELAMAT MUDIK LEBARAN 2016....


Loading...