23 June 2016

Thursday, June 23, 2016

Re-post dari FB Novan Pamungkas

"Cerdas itu ada batasnya, ..bodoh baru yang tidak!"
.

Jawaban pak Sis membuat saya kaget. Untung saat ini bulan Ramadan, kalau tidak bisa2 kita malah berbalas pantun kayaak kawinan orang Sumatera :D

.

Semua ini berawal kemarin siang sambil ngabuburit, iseng2 ikutan nimbrung status teman fb yg sdg membahas harga Yamaha YZ250FX, ...sampai muncul pendapat 'kenapa disini harganya bisa jauh dibawah KTM250EXC**(lihat note dibawah) atau Husqvarna250FE?' Padahal selisih harga ketiga motor tsb di luar negeri tidak terlalu jauh . Apalagi bila diamati ternyata; penampilan, spesifikasi-teknis, sampai reputasi dalam ajang kompetisi enduro internasional ketiga-nya sebanding.

Akhirnya saya pun 'googling', dan agar semakin akurat sengaja ditambah dua motor untuk pembanding, yaitu Kawasaki KX250F yg spek-nya mirip Yamaha, & Viar250Cross yg bentuknya mirip namun secara teknis lebih inferior, meskipun sebagai satu2nya produk lokal.

Setelah saya bandingkan kemampuan teknisnya mirip (kecuali Viar), sehingga saya berkesimpulan perbedaan harga terjadi karena :
1. Material yang digunakan bisa jadi berbeda
2. Merek part yg digunakan (misal; suspensi, brake) berbeda

Akibat perbedaan material & merek membuat harga motor eropa seperti KTM & Husq dihargai 150 juta. Selanjutnya harga motor pabrikan Jepang seperti Yamaha & Kawasaki ditawarkan 90-an juta. Sedangkan Viar yg rakitan dalam negeril & mengunakan sebagian part buatan lokal, cukup di bandrol 35juta

Nah, dengan PD selepas taraweh saya 'pamerkan' teori ini kepada Pak Sis, tentunya sambil dilampirkan tabel statistik agar meyakinkan.... namun jawaban Pak Sis malah membikin nyaris semaput!

.

...menurut beliau perbedaan spesifikasi teknis antara motor eropa & jepang sebenarnya tidak terlalu signifikan sehingga harusnya harga disini pun tidak terpaut jauh. Performa-nya pun tidak akan berpengaruh bila hanya dipakai buat 'blusukan' (amatir), beda bila benar2 digunakan untuk kompetisi profesional yg ekstrem. Mungkin perbedaan spek-teknis bisa terasa bedanya.

Kenapa harga KTM dan Husqvarna disini bisa jauh lebih mahal daripada di amerika. Sedangkan harga Yamaha dan Kawasaki disini malah lebih murah dibandingkan di Amerika.

Jawabanya karena ada perjanjian dagang antar negara! ... IJEPA, AFTA, CBU, CKD, IKD ...

*apapulak itu??? :P

Ternyata KTM dan Husq tidak memiliki fasilitas import shg harus membayar 100% bea-masuk & biaya import, yg kemudian dibebankan kepada konsumen disini sehingga harga moptor jadi gila-gilaan.

Sedangkan Yamaha yg diproduksi di Jepang 'CURANG' karena memiliki fasilitas IJEPA sehingga bea masuk bisa 0%. Nah yang ngaco justru Kawasaki karena dirakit di Thailand harusnya harganya bisa dilego jauh lebih murah dari Yamaha, karena memiliki fasilitas AFTA yg selain pembebasan bea-masuk juga ada keringan pada biaya-import.

Terakhir, yang bener baru VIAR. Sebagai motor lokal membuatnya bisa mendapatkan fasilitas IKD, sehingga mendapat banyak keringan pajak maupun biaya import. Motor ini dirakit disini dengan mengunakan sebagian komponen dari produk lokal.. Jadi itulah yg membuat Viar berani pasang harga rasional.

Nah sekarang bisa terjawab kenapa KTM & Husq mesti pasang bandrol selangit diatas Yamaha & Kawasaki meskipun keempatnya sama-sama motor CBU. Padahal spesifikasi teknis keempat motor itu bedanya tidak signifikan. Regulasi niaga ikut menyumbang terjadinya selisih harganya sangat besar! ...atau jangan2 atpm/dealer ambil untung-nya kegedean, ya? :)

...jadi 'KALAU' saya punya uang maka jelas akan memilih Husqvarna! ......kenapa? ya karena keren :v

dan mungkin pak Sis tetap memilih KTM karena beliau fanatik dgn merek motor itu :P

bagaimana dgn anda? ....., CERDAS-lah sobat! :V

.

#IJEPA atau 'Indonesia Japan Economic Partnership Agreement' adalah perjanjian bilateral antara Indonesia dan Jepang membuat tarif 'Bea-Masuk' diturunkan sampai 0%
#AFTA atau 'ASEAN Free Trade Area' adalah perjanjian regional untuk menghapus 'Bea-Masuk' maupun 'biaya-tarif import' bagi negara-negara anggota ASEAN
#CBU (Completely Build Up) adalah motor yang diimpor dalam keadaan yang utuh
#CKD (Completely Knock Down) adalah motor yang komponennya di impor dalam keadaan terpisah & baru dirakit di Indonesia
#IKD (Incompletely Knock Down) adalah impor sebagian komponen motor dalam keadaan terurai untuk dirakit di Indonesia, yang sebagian komponen lainnya mengunakan produk dalam negeri.

Terakhir apa kepentingan saya ngurusi motor2 enduro itu? ... ya karena gurih!, kan ke empatnya adalah bahan baku utama supermoto-kompetisi. Sedangkan Viar bisa untuk supermoto-turing :V
.

note :
## diatas terdapat kesalahan penulisan KTM250EXC ...yg benar adalah SXF (sama seperti yg ada di tabel). Karena EXC adalah kode KTM untuk 2 tak. Sedangkan SXF mirip dgn EXC-F disini yg sama-sama 4tak shg bisa dibandingkan dengan motor2 lain. terima kasih mas Irwan Ardiansyah danpak Dechamps Arnaud atas koreksinya.
## terima kasih atas masukannya bahwa yg sepadan untuk dibandingkan adalah KTM250XCF (enduro) bukan SXF (supercross), meskipun spesifikasi teknis keduanya sangat mirip. Harganya pun seharusnya tidak akan terpaut jauh
## ralat harga KTM250SXF thn 2016 baru akan masuk 2017 di indonesia dgn harga 130juta-an.

Loading...