22 July 2019

Monday, July 22, 2019
2

Hellow Netijen Facebook, kali ini mau sharing cerita retjehan saya dari Afrika.. saya baru mau 7 minggu di Afrika baru 2 negara Tanzania ama Malawi, tapi kalo nyeritain derita dan serunya berlembar-lembar lah..

Oh sebelumnya maaf saya ga sharing itinerary cuman sharing cerita recehan aja.. lain kali saya sharing itinerarynya

Cerita Solo Traveler Wanita Indonesia Jalan2 Ke Afrika

Ini foto saya beberapa saat sebelum saya ditolak cinta oleh Zambia bukan ditolak cinta ama babang baju biru yang terpana liat saya bukan yaaaa.. , udah pede bilang bye bye sama border Malawi siap masuk Zambia eh dibilang, "i am sorry Visa on arrival not available for you, you have to apply visa before enter the border, you can't get it in the border, you have to go back to Malawi" oh why why.. hati saya hancur lebur.. hahahaha untung belum posting kalimat2 puitis perpisahan ama Malawi kan malu.. udah posting yang taunya ternyata ditolak sama Zambia.. Akhirnya balik lagi ke Malawi officernya ngecancel stamp out dan menerima saya kembali.. meskipun malu saya tahan yang penting ga bayar lagi $75 😂😂 begitu jalan keluar berasa balikan ama mantan gegara cinta ditolak gebetan.. ya sudah saya cuman bilang Hello again Malawi 😀😀

Ok, saatnya cerita beberapa catatan trip Afrika ini. So far tripnya menyenangkan.. menantang dan menarik. Ceritanya saya bikin singkat dan padat karena kalau beneran diceritain 3 buku ga akan selesai 😂😂

1. Flight saya dari Paris delay sehingga pas di Kairo saya lari kayak kesetanan karena waktu pesawat mau landing kairo itu sama dengan boarding time saya ke Dar Es Salaam lariiii sambil nyari tahu dimana gate, ga ketemu donk!! mbuhlah pokoknya transfer dulu.. last call udah kedengeran ada babang bule yang ikutan lari, doi nanya.. Nairobi? gue bilang nope dar es salaam.. oke dia bilang, trus nanya sama officernya bilang F5 eh dia bilang F5 juga ama si babang bule yang mau ke Nairobi, kan kita jadi liat-liatan, whatever lariiii nafas saya udah beneran habis 😭 beneran ga kuat buat lari, tapi pada akhirnya sampe juga ke gate, ngos2an dan ternyata Nairobi dan Dar es salaam sama pesawatnya.. apapun itu sukses ngejer pesawat walaupun penuh derita.

2. Bagasi ketinggalan di Kairo, jadi bagasi saya ketinggalan di Kairo, saya lari2 bagasi saya ga bisa lari jadi nyangkut di Kairo, mana saya langsung terbang ke Zanzibar lagi.. ah sudahlah.. singkat cerita saya baru dapat bagasi saya setelah 9 hari, nah selama 9 hari saya cmn punya 2 stell baju hahahha.. satu baju yang dipake satu stell beli di zanzibar dan satu stel buat nyebur dikasi pinjem orang di Zanzibar. Derita banget cmn punya 2 stel baju selama 9 hari.

3. Susahnya mau pipis di Serengiti, jadi tenda kita itu jalannya sekitar 100 meter dari toilet, nah malam-malam gitu saya kan suka pengen pipis sebelum tidur saya beneran hipnotis diri sendiri buat ga ke toilet malam2 huhuhu kebangun jam 4 trus pengen pipis, tapi suara hyena dekeeet banget semalaman tuh hyena muter2 di camp kita huhuhu akhirnya nunggu ampe jam 5an buat bisa pipis. Besokannya kita baru moto2 singa eh kurang dari 5 menit mobil sampe ke camp, duh itu singa jaraknya kurang dari sekilo gitu dari camp parno banget semaleman.. pengen pipis ditahaaan jam 4 karena lagi2 hyena masih sahut2an deket banget ama camp.. duuuh.. malam ketiga dibikin kaget ama gajah, baru selese gosok gigi mau tidur keluar dari toilet beuh gajah di depan mata, langsung pelan2 kabur takut kegiles..

4. Maen-maen ke Parakuyo penginapannya sungguh ala kadarnya, tapi orang-orang disana beneran orang lokal, maen2 ke rumah orang Maasai, digerayangin dari atas ke bawah, rambut dipegang2 macam aneh, seru lah.. liat Masaai ceremony ratusan Maasai nari Adamu gitu malam2 ga ada cahaya duh.. once in lifetime experience banget, gosipin orang Maasai ama tribe lain sambil nongkrong sore, duh sungguh local lyfe be like lah kalo kata mereka2 mah..

5. Dipanggil china selama hampir sebulan, hahaha di Tanzania mereka tuh manggil saya china, hey china, china china.. hahaha pokoknya saya itu dari China 😂😂😂

6. Transportasi di Tanzania itu murah banget dala-dala itu muraaaaah banget sekali jalan 3000 rupiah lah dan lumayan pada jujur, kadang di markup juga tapi ga parah lah.. di Malawi jaaaauh lebih mahal dengan jarak yang sama di Tanzania cmn $1 di Malawi bisa $3 😑 mana berasa hunger game lagi pas mau naek, nego2 dulu secara harga buat tourist beneran berlipat2 😝

7. Mau masak sendiri di afrika itu susah, banyak guest house ga nyediain dapur 😑 di Malawi semua lodge keren yang saya tinggalin itu ga ada dapurnya jadi harus makan di on site yang harganya itu bikin sakit hati, berkisar $4-8 which is dibandingkan dengan kehidupan lokal disana rasanya bikin sakit hati, buat orang lokal 4000malawikwacha itu bisa buat hidup 3 hari dan buat kita dihabiskan untuk seporsi makan 😭

8. Malawi itu new backpacker heaven lah.. lodge2 nun jauh dari peradaban dengan view amazing harganya cmn $8 chalets $20 itu view langsung danau kadang mah beneran di pinggir danau, terus di pinggir jurang dengan view amazing, ada yang di bay dengan pantai secluded banget.. semua rata2 di bawah $10. Kalo punya waktu banyak pengen enjoy dan santai2 dengan view keren ke Malawi deh.. sumpah kereeenn.. cmn ya itu ga bisa hemat dari makanan.. ya bisa deh nyetok makanan biskuit roti dan pisang gitu.. cmn liat menu makanannya menarik dan enak2 yah ujung2nya makan di restaurant sana.

9. Afrika time itu eksis saudara, traveling di afrika itu sebaiknya jangan punya rencana yang solid secara semua telaaaat.. kerata saya telatnya 9 jam, ferry saya telatnya 12 jam. Jangan ngomel2 because noone care, jadi enjoy aja yes..

10. Pelajari pervisaan. Saya di detained di tengah jalan saat menuju Mzuzu karena ternyata ga pasport saya ga ada visa Malawi, meh. Jadi seharusnya saya bayar $75 di border trus dapat sticker, nah saya ga bayar ga dapat sticker tapi pasport saya di kasi cap. Saya kira proses beres yekan.. petugasnya bilang beres ya udah saya cabut, ternyata sodara ga ada visa, trus ditangkap lah bilangnya mau dimasukin penjara, trus disidang.. beuh kebayang toilet di penjara 😭😭 trus ya saya coba ngobrol2 kan ga semua salah saya juga yekaaan.. wong ada stamp masuk.. trus ya saya ngomong aja ke diri sendiri "I'll be ok, everything will be ok" trus officernya heran liat saya ngomong sendiri ujung2nya mereka ketawa2 dan saya dilepas.. karena mereka suka saya katanya.. karena itu sabtu saya wajib lapor hari senin buat nyelesaikan masalah visa, gilingan donk saya dilepas padahal mereka tau saya ga punya visa 😂 tapi abis itu tiap liat check point ya ampuuunn deg degan takut diminta pasport lagi 😭😭 Hari senin saya ke kantor imigrasi Mzuzu astaga kantornya 😅😅 alah yang penting saya dapat visa dan bayar $75 hauhauahua.. stamp masuk tgl 8 Juli stamp visa tgl 15 juli dan saya selamat ga masuk penjara. 😁😁

11. African are friendly. They are your best friend banget.. mereka tuh seneng bangeeet nyapa tapi ga bikin sebel, ga macem orang2 di ono ama di ono 😅😅😅
"hello how are you what is your name"
"where are you from"
"welcome to Malawi"
udaaah segitu defaultnya.. ga diikutin ga ditawarin apa2 ga dicreepyin.. ga macem republik ono ama ono 😅😅

12. di Malawi itu transportasinya agak gila.. mbuh-ah level up banget ama transport Malawi 😅😅😅 ayam mbe itu masih semobil ama kita. Pernah ga sengaja nginjek ayam, ayamnya di bawah saya kan ga tau ada ayam ketutup karung, kasian banget si ayam. Satu lodge itu transportnya pake mobil pick up tua 😂😂😂

13. Naek kapal selama 50 jam di danau Malawi dengan first class ticket, gila donk boboknya dibawah bintang dan bulan purnama plus angin yang dingin 😂😂😂 liatin mereka offloading dan onloading barang dan penumpang wah beneran deh bikin jantung deg2an liatnya, cmn berharap mudah2an di Indonesia udah ga ada yang begitu.

14. Sholat di mesjid trus diliatin orang, mungkin gerakan saya beda 😑

15. Serengiti itu a must! national park-nya gede banget jadi landscapenya itu beneran beda2 dan binatang2nya aduuuuh, liat singa ceetah leopard jerapah hyena zebra antelope dan lain laiinnn ya ampuuunn.. trus liat migration zebra ama wildebeest ribuan zebra.. ya ampuuun.. again once in a lifetime experience.

16. Ngorongoro crater itu magical beautiful banget apalagi pas sunrise.. ❤️❤️❤️

17. Jangan mikir Afrika itu kering kerontang ga ada sayuran dan buah2an.. ada yang bagian kering tapi di Tanzania itu surgaaaa banget buat sayuran ama tropical fruits.. duh kalo orang keto mesti betah alpukatnya muraaaah meriaaah sodara.. mana gede2 lagiiii... huhuhu

dan segitu dulu catetannya.. capek.. kalo dilanjutin bisa ampe puluh puluh point.

Afrika is Amazing. Like seriously.. baru 2 negara 7 minggu aja udah gini.. berasa kayak maen game... leveling leveling terus level up level up.. trus ya meskipun derita demi derita tapi karena levelnya udah ok jadi ok lah yaa.. sok pd.. jadi ya berasa kayak leveling aja.. Kalo maen BTS world mah saat ga kuat nembus satu misi ya kita leveling aja di misi2 gampang ngumpulin bunga terus abis itu level up max kartu yang diperluin buat misi itu 😂😂 seriously i really love the adventure here, but yeah Africa not for fainted heart tho 😂

Doain supaya saya lancar dapat Zambia visa ya.. ga sabar ketemu singa di Zambia. 😁

Selamat hari Minggggu.. selamat membacaaa...

pic : maaf potonya kelewat.. hahahah maklum postingnya sambil jalan2 ga fokus. Kapan2 saya share foto Afrika yang lain. Kali ini foto saya di border Zambia

Re-post link https://www.facebook.com/groups/1468005403448997/permalink/2381683538747841/
Loading...